Rabu, 17 Agustus 2011

KOMUNIKASI


Manusia selalu ingin berhubungan dengan orang lain. Keinginan itu kodrat manusai. Apabila manusia terpaksa hidup sendirian, ia akan mearasa tersiksa. Untuk saling berhubungan, manusia menggunakan ala, seperti bahasa lisan, bahasa tulisan, dan bahasa isyarat serta alat penghubung lainnya. Lancar tidaknya hubungan itu, bergantung kepada alat dakemahiran menggunakannya. Usaha dalam pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, dan lain-lain akan kurang berhasil apabila alat perhubungan kurang sempurna. Pada masa perang, kemenangan ditentukan juga oleh keunggulan alat perhubungan.
Alat perhubungan antar benua yang banyak dipakai dewasa ini ialah telepon,telegram, surat kabar, radio, televise, dan perhubungan laut dan udara. Di Indonesia dan di negara-negara lain, surat kabar sudah merupakan kebutuhan manusia yang tidak boleh tidak ada. Dalam kehidupan sehari-hari, surat kabar memegang peranan yang sangat penting. Berbagai masalah dapat diketahui oleh khalayak ramai melalui surat kabar. Tepatlah apabila surat kabar mendapat julukan “ratu Dunia” karena dapat dipergunakan untuk mempengaruhi dan membentuk pendapat umum.
Jika kamu seorang pramuka, tentu kamu pernah belajar mengiriman atau menerima berita dengan isyarat morse “Seperti Saya” . kamu dapat menggunakan bendera, cermin, atau peluit pada waktu siang. Pada waktu malam, kamu dapat memakai lampu atau peluit. Isyarat morse digunakan dalam pengiriman telegram. Isyarat itu dikirimkan dalam bentuk denyut listrik. Setiap huruf dalam abjad, diganti dengan denyut pendek, denyut panjang, atau gabungan keduanya.

<<<S’moga berguna bagi anda yang sudah membacanya>>>
“Thank you”

Oland jax
Oland jax is Inovation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar