Jumat, 16 September 2011

Games

1. Masalah Instalasi

Selamat datang di suka dukanya game PC. Sebelum menginstal suatu game, kita harus melihat apakah spesifikasi PC kita memadai? Makin canggihnya game MMORPG sekarang juga makin menuntut spesifikasi yang cukup tinggi, dan memakan banyak tempat. Kita harus makin cermat melihat apakah PC kita sanggup mengangkat MMORPG tertentu, atau kita malah gigit jari karena batal bermain (penulis pernah mengalami hal ini karena kurang info tentang spesifikasi) Lalu kita harus mengecek apakah video card kita, RAM kita, itu sesuai jika tidak ingin mengalami masalah nantinya. Gamer yang cerdas adalah gamer yang juga melihat spesifikasi PCnya dan spesifikasi yang dibutuhkan untuk suatu game sebelum mengunduhnya.


2. "Kebun binatang" pindah ke game.

Bukan kebun binatang yang itu, tapi 'kebun binatang' yang lain. Sangatlah menyebalkan jika kita menemukan suatu game menarik dari segi gameplaynya, tapi tidak dari segi komunitasnya. MMORPG adalah game yang juga ditentukan dari komunitas orang yang memainkannya. Sangat tidak nyaman menemukan game yang hanya berisikan orang-orang bermulut kotor yang sering memaki. Yang lebih meresahkan, di Indonesia ini, ternyata ada pula gamer berusia muda yang malah seperti ketagihan memaki orang lain di game. Mungkin karena mereka menganggap mereka tidak saling bertatap langsung, jadi sah bagi mereka untuk memaki orang lain. Ada juga orang yang hanya niat 'rusuh' dan menganggu kedamaian suatu komunitas game. Lagipula, siapa yang betah terus menerus dikata-katai yang tidak sopan oleh orang lain yang bahkan tidak dikenal
.3.NGELAG/disconect/dc


Jika ke game center, kata-kata apa yang sering kalian dengar jika game center itu sedang penuh? "NGELAG banged, bang!" Iya, ngelag, atau koneksi internet yang terputus-putus, lambat, dan malah putus total, sangat menganggu. Sedang asyik-asyik menyelesaikan quest bersama guild, tidak tahunya koneksi melambat. Jadinya gerakan karakter di game menjadi tersendat-sendat, atau dalam istilah populernya : ngelag.

Jika ngelag saja sudah sangat menyebalkan, bagaimana jika koneksinya putus total atau disebut juga dc/disconnect? Gamer sangat membenci ini. Harus kita akui, internet di negeri kita ini memang belum yang terbaik, dan ini yang menambah 'bumbu' pada kekalutan kita soal apakah koneksi putus atau ngelag? Jangan berkecil hati, gamer luar negeri dengan internet super wah yang memainkan MMORPG internasional dengan jumlah pemain yang mencapai ratusan ribu atau jutaan juga pasti mengalami masalah serupa. 4. Dihack

Inilah sebabnya, kita tidak boleh sharing id dan password dengan orang lain karena rentan dengan resiko dihack. Banyak sekali distributor game dan GM game yang memperingati jangan sharing id dan password. Sayangnya, banyak pula gamer yang tidak menaati ini. Item atau equipment hilang? Bahkan karakter kita hilang? Itu resiko yang diterima jika tidak mentaati peraturan penting MMORPG : jangan sharing id/password anda dengan siapapun. Jangan juga membentak-bentak dan menyalahkan GM jika ini memang kesalahan anda. Jadilah gamer yang cerdas dan bijak, jaga selalu kerahasiaan password anda. Mau itu dengan pacar atau teman yang, jangan sharing id dengan siapapun.

Kadang, masalah dihack bukan juga karena sharing id, melainkan karena keteledoran gamer itu sendiri menjaga id mereka. Bukan hal baru lagi kalau di warnet-warnet game sering ada 'pengintip password' yang mengincar karakter dengan equipment bagus. Selalu lihat kanan kiri anda jika ingin mengetik password dan id, hati-hati terhadap pengintip ini. Mereka selalu bersikap mencurigakan dan berdiri dekat sekali dengan meja komputer anda saat anda mulai bermain. Bersikap tegas, namun jangan berlebihan untuk menghadapi pengintip ini. (sayangnya, dalam beberapa kasus, para pengintip ini lagi-lagi gamer usia muda ketimbang gamer yang sudah berumur)5. Dilema Item mall
 Indonesia adalah negara di mana industri game onlinenya penuh dengan game-game free to play. Game seperti Lineage2 bahkan bisa dinikmati gratis di sini. Namun, tidak ada yang murni gratis di dunia ini, bahkan juga menikmati game online. Banyak game online yang mengembangkan sistem item mall dengan menjual banyak sekali item bagus dalam game dengan mata uang rupiah. Pemain harus membeli voucher dengan uang sungguhan untuk bisa menikmati item itu. Jumlah yang dikeluarkan jika ingin membeli item bagus hampir sama jika kita membayar untuk bermain game itu.

Beberapa pemain tidak keberatan dengan sistem ini, namun beberapa lainnya merasa sistem ini sangat merugikan mereka yang bermain free. Para pemain gratisan jelas kalah jika harus bersanding equipment dengan para pemain item mall. Konsekuensinya jelas saat kedua pemain itu bertarung bersama, karena kini siapa yang terkuat ditentukan dari berapa mahalnya item mall yang dia punya.


6. Program Illegal
 Hal ini juga yang meresahkan para pemain game online. Para pengguna program illegal ini tidak hanya berpotensial merusak komunitas suatu game namun juga menganggu game itu. Ternyata, beberapa program illegal ini bisa mengganggu koneksi internet game tertentu (penulis pernah menemukannya pada game seperti Ragnarok Online, Dream of Mirror Online) Program illegal jelas salah digunakan, namun para penggunanya juga punya alasan. Ada yang beralasan mereka tidak punya waktu lebih untuk leveling (hingga menggunakan program bot). Tapi, ada yang menggunakan program illegal ini secara berlebihan, yang malah merugikan para pemain lainnya. Contohnya, jika dalam satu map, semua monster yang ada secara cepat dibunuh oleh pemain yang menggunakan program illegal, maka tidak ada monster yang tersisa untuk dikalahkan pemain yang jujur. 7. Leveling yang memberatkan

Ironisnya, beberapa game F2p (free to play) membebankan pengalaman bermain gamer dengan leveling yang dipersulit. Exp yang dibutuhkan ditingkatkan, dan yang lebih membuat sebal adalah drop item diperlangka. Pemain dihadapkan dengan pilihan item mall untuk membantu mereka leveling dan hunting. Pemain yang tidak memilih opsi ini, siap-siaplah menggulung lengan baju dan berusaha keras leveling.



Terlepas dari semua itu, mungkin ada orang-orang sinis yang berkata : "lalu mengapa tetap bermain game online?" Itulah pesona dan daya tarik dari game online yang mungkin sulit dilepaskan bagi sebagian pemain. Lagipula, tidak setiap saat kita harus mengalami masalah-masalah di atas. Dengan makin banyak game online yang tersedia sekarang, semakin banyak pilihan untuk para pemain dalam menentukan game mana yang sesuai untuk mereka. Banyak alasan orang bermain game, namun sebagian besar dari mereka memilih bermain game untuk bersenang-senang dan melepaskan rasa penat.
Oland jax is Inovation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar